Cara Mudah Membuat Blog Menjadi Web Profesional

Cara Mudah Membuat Blog Menjadi Web Profesional

Apakah blog kamu terlihat seperti blog biasa? Apakah tampilan sebuah blog itu itu saja? Berikut beberapa tips lengkap untuk membuat blog menjadi seperti website profesional.

Cara Membuat Website Profesional

Beli Nama Domain Khusus

Sebelumnya alamat situs blog kamu adalah www.namamu.blogspot.com, kamu dapat membuat URL/Alamat situs blog menjadi lebih profesional dengan www.namamu.com. Keren bukan? Kamu dapat membeli domain tersebut di situs pendaftaran domain silahkan cari sendiri ya hihihi atau beli langsung melalui Blogger untuk harga domain .com sekitar Rp. 130.000. Adapun caranya masuk ke PENGATURAN > PENERBITAN > Masukan Domain Khusus. Kamu bisa memilih untuk mendaftar dengan Blogger atau Tempat lain, ( ikuti saja petunjuknya "Beralih ke halaman lanjutan" )

Kustomisasi LayOut Blog

Blogger atau Blogspot mempunyai banyak template bawaan untuk blog kamu, tetapi tidak sebagus dengan template premium atau berbayar tapi tenang dulu semuanya dapat disesuaikan dengan keinginan kita kok, Berikut cara mudah yang harus di lakukan.

Tambahkan Tajuk Khusus

di halaman "LAYOUT" klik pada Kotak Header dan tambahkan gambar kustom sesuai selera kita.

Tambahkan Latar Belakang

Buka "TEMPLATE" klik "SESUAIKAN" kemudian klik "LATAR BELAKANG" untuk menambahkan Latar Belakang Khusus.

Tambahkan Detail Khusus

buka "TEMPLATE" klik "UBAH SUAIKAN" dan mulailah mengedit setiap elemen blog kita. Berikut contoh mengubah warna tautan :

Tambahkan Halaman (About, Kontak, Disclaimer, Privacy)

Blogger atau Blogspot memungkinkan kita membuat hingga 20 halaman statis. Buka pada bilah "Halaman" untuk membuat baru atau mengedit halaman. Website profesional mempunyai halaman tersebut bahkan ada juga yang mempunyai halaman khusus.

Tambahkan Formulir Kontak

Setelah kita membuat halaman kontak langkah selanjutnya adalah membuat formulir kontak, formulir ini bisa kita buat dari script Google Document atau script lain yang sudah jadi dan banyak yang sudah bahas

Tambahkan Icon Media Sosial

Secara default Blogger atau Blogspot sudah menyertakan icon berbagi ke media sosial di setiap postingan tetapi tidak memungkinkan orang mengikuti blog kita kecuali kita memasang widget media sosia khusus pada bilah sidebar template.

Tambahkan Logo Favicon

Favicon adalah icon atau logo kecil yang tampil pada bilah status bar Browser. Lihat hasilnya seperti ini :

Matikan Fitur Template Mobile

Setelah tahapan awal di mengerti sekarang waktunya membuat situs kita terlihat seperti website profesional. Kita bisa mengatur tampilan template default kita untuk versi desktop atau mobile. Catatan : jika tidak mau ribet dengan kustomisasi kita bisa membeli template premium yang tampilannya bagus dan sudah responsive tentunya

Anda mungkin menyukai postingan ini