Cara Membuat Blog Pemula

Cara Membuat Blog Pemula


Hallo sobat Buzzer mungkin banyak disini yang sedang mencari cara tutorial membuat blog. Apakah buat blog itu gratis? Sesuai kebutuhan selagi ada yang gratis kenapa harus pilih yang berbayar. Tapi apakah kalian tahu Blog itu apa sih?

Pengertian Blog

Blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi serta menampilkan postingan terbaru di bagian atas halaman. Konten, Artikel ataupun Postingan blog di update atau di perbaharui secara berkala oleh pemilik Blog atau Web tersebut.

Fungsi Blog

Banyak alasan mengapa Perusahaan atau Orang ingin sekali membuat blog, termasuk diri saya sendiri hehe. Blog bisa di fungsikan sebagai media promosi, hobby, jurnal, berita atau apapun itu yang di tuangkan dalam sebuah tulisan. Oke mungkin itu sedikit ulasan mengenai Pengertian Blog dan Fungsi Blog, lanjut ke pembahasan utama Cara Membuat Blog.

Tema Blog

Sebelum membuat suatu blog kita harus tahu terlebih dahulu Blog kita akan membahas apa, blog pribadi atau cuma sebatas blog hoby yang membahas apapun itu kembali ke si pembuat blog tersebut.

Tentukan Nama Blog

Nama blog disini harus lebih spesifik dengan apa yang akan kita bahas misal Nama Blog Buzz Blogger pokok pembahasan yang bagus adalah masalah tutorial blogger kenapa? karena lebih mudah di cari dan bisa meningkatkan ranking dan trafick pegunjung blog. Apakah bisa memakai nama blog dengan pembahasan yang berbeda? Bisa saja tapi saya sarankan lebih sfesifik dengan tema.

Menentukan Platform Blog

Ada banyak platform blog baik yang gratis maupun blog berbayar itu semua tergantung dari kebutuhan kita. Tapi untuk awal atau tahap pembelajaran lebih baik menggunakan yang gratis terlebih dahulu, gratis juga bisa bersaing dengan yang berbayar kok. Contoh Gratis : BLOGSPOT.COM jadi NAMAMU.BLOGSPOT.COM atau WORDPRESS.COM jadi NAMAMU.WORDPRESS.COM

Pemilihan Template Blog

Jika kalian sudah mempunyai sebuah blog atau baru membuat blog baik itu di Blogger atau di Wordpress, Tahapan selanjutnya adalah mengelola tampilan blog itu sendiri, kalian bisa memodifikasinya sesuka hati mau pakai template bawaan atau pakai template yang banyak di bagikan secara gratis maupun berbayar. Saya sarankan design template seminimalis mungkin atau sekalipun harus membeli carilah template yang mendukung versi mobile alias responsive dan jangan lupa strukturnya yang ringan agar mudah di cari dalam situs pencarian seperti google.

Publish Blog

Tahap akhir adalah memposting atau membuat suatu artikel untuk di publikasikan secara umum, posting blog di usahakan memberikan suatu informasi yang bermanfaat. Jangan lupa di bagikan ke sosial media supaya teman, kerabat atau yang lain tahu. Selamat, sampai disini anda sudah bisa membuat blog.

Untuk lebih detailnya Cara Membuat Blog Di Blogger atau Wordpress Saya akan posting pada artikel berikutnya.

Anda mungkin menyukai postingan ini